Pintu Frameless

Pintu jenis ini adalah identik dengan pintu kaca tebal, terbuat dari kaca tebal 10mm dan 12 mm. Dan biasanya kaca nya telah di perkeras ( di Tempered ) untuk lebih memperkuat dan lebih aman jika terjadi kecelakaan.

PINTU KACA adalah sebuah daun pintu yang terbuat dari Kaca. Ada dua macam pintu kaca, yaitu pintu Kaca Frameless dan pintu kaca dengan bingkai aluminium.
Pintu kaca Frameless dibagi lagi menjadi dua , yaitu Pintu kaca Full frameless, dan Pintu kaca Semi frameless.
Pintu kaca frameless adalah hampir keseluruhannya terdiri dari kaca tebal.Minimal tebalnya adalah : 12 mm untuk Pintu bukaan swing dengan engsel tanam dibawah:Biasanya untuk pintu kaca kantor dan pintu kaca gedung. Dan tebal 10 mm untuk bukaan swing dengan engsel disamping (biasanya untuk pintu kaca shower atau pintu toilet).

Untuk pintu kaca frameless bukaan geser(Sliding) bisa menggunakan kaca tebal 10mm dan juga bisa dengan tebal 12 mm.

Untuk pintu kaca dengan bingkai atau frame atau rangka aluminium, sering juga disebut dengan pintu aluminium kaca, adalah pintu yang sekelilingnya terbuat dari rangka aluminium dengan tengah nya dari kaca. Untuk ketebalan kaca bisa menggunakan tebal minimal 5 mm, dan maksimal 8 mm.Saya katakan minimal 5 mm karena jika kurang dari itu, kaca akan mudah pecah, sedangkan maksimal 8 mm , agar ada celah antara kaca dengan rangka aluminium untuk di isi dengan gasket atau karet yang berfungsi sebagai peredam getaran.Jika celah ini diabaikan, maka kaca akan mudah pecah jika ada getaran, atau pun jika ada proses memuai akibat panas sinar matahari.

Untuk jenis Pintu kaca frameless, direkomendasikan agar menggunakan kaca jenis TEMPERED, karena ini adalah yang sering orang bilang kaca safety atau kaca smart. Yang maksudnya adalah kaca jenis tempered ini akan pecah kecil-kecil jika terjadi benturan keras yang menyebabkan kaca  pecah, sehingga kaca akan aman jika terkena manusia.

Leave a Comment